Museum Affandi


Hello Fellas, siapa sih yang belum mengetahui Museum Affandi ? dan siapa sih Affandi itu ? Nah, di blog gue kali ini akan membahas mengenai tokoh Affandi dan juga Museum Affandi.. Sebenarnya sih ini udah lama, tapi baru gue post sekarang. Yuk simak! ^^


1. Tokoh Affandi Koesoema

Affandi Koesoema

Affandi Koesoema adalah salah satu tokoh seniman Indonesia. Beliau lahir pada tahun 1907 di Cirebon, Jawa Barat dan terkenal dengan lukisannya yang bergaya abstrak dan romantisme. Hebatnya lagi, hasil karya lukisannya juga telah diakui dunia internasional, salah satunya seperti di Inggris, Amsterdam, India dan masih banyak lainnya. Beliau juga telah menghasilkan lebih dari 2000 karya lukisan yang sudah dibuatnya dengan hasil tangannya sendiri. Baginya bahwa lukisan yang dibuatnya akan selesai pada waktu semangatnya untuk melukis itu juga selesai dan beliau juga mengatakan bahwa "Melukis bisa bebas, tapi hidup perlu diatur" hmm... mungkin simple nya aja dari yang beliau katakan maksudnya adalah jika mengerjakan sesuatu yang kalian senangi itu bebas sesuka kalian terutama seperti melukis tapi, jangan lupa dengan waktu. Waktu beribadah, waktu makan, dsb nya. Selain itu, pastinya etika seseorang di kehidupan harus tetap terjaga *ini menurut anggapan gue ya hehe, mungkin pandangan kalian berbeda dengan maksud quotes yang beliau katakan itu apa* Baiklah, itu saja cerita singkat biografi dari Affandi Koesoema.

2. Museum Affandi

Cafe Loteng
Yup, saat pertama kali kalian datang kesini. Kalian akan melihat patung besar yang seperti pada foto tersebut. Nah, tempat itu bernama cafe loteng. Kalian bisa sambil nongki-nongki karna didalamnya sudah disediakan tempat duduk dan sekaligus bisa memesan makanan dan minuman.








Ini kali pertama gue kesini dan saat gue ke Museum Affandi ini sepii banget, adem, tenang. Cocok banget sepertinya buat kalian yang ingin mengerjakan tugas kuliah, kantor, nge-blog dsb nya dengan suasana yang berbeda apalagi juga tenang disini. Jadi, Museum Affandi ini gak hanya satu ruangan besar gitu aja. Nah, ruangan itu terpisah semua dan terdiri menjadi 4 atau 5 galeri gitu pokoknya *gue lupa hehe*. Tentunya semua itu dipenuhi dengan lukisan. Lukisan-lukisan tersebut bukan sembarang lukisan karna jika dijual bisa mencapai milyaran loh! 



Di ruangan ini juga terdapat hiasan yang terlihat vintage style, namun hiasan mobil dengan sepeda serta lantai yang berwarna warni tersebut mampu membuat ruangan ini menjadi terlihat unik.







Nah, setelah keluar dari ruangan tadi. Gue bergegas pergi ke ruangan yang ada disebelahnya, saat gue menuju kesana. Gue melihat ada 2 makam di area ini. Makam tersebut adalah makam Affandi beserta istrinya, Maryati. Unik ya, dimakamkan di tempat dimana beliau menghasilkan karya-karya lukisannya. Pastinya, ku berdo'a juga buat almarhum beserta istrinya diampuni segala dosanya selama mereka hidup dan diterima di sisi-Nya aamiin.


Setelah dari makamnya, Gue memasuki ruangan berikutnya. Ya, seperti pada foto tersebut ruangannya terdapat banyak lukisan yang telah dihasilkan.




Ini untuk lebih jelasnya lagi melihat karya lukisan-lukisannya.










Ini lukisan yang paling besar saat gue kesana, jadi sepertinya bagus buat angle fotonya. Keren kan? *lukisannya, bukan gue hmm*








Lalu, di ruangan selanjutnya. Seperti biasa ruangannya dipenuhi dengan berbagai macam lukisan dan ya sepertinya posisi disitu bagus untuk dijadikan foto *ini sebenarnya gue menjelaskan museum affandi dan lukisannya atau menjelaskan angle foto yang bagus sih -_- , maapin ya gue gak banyak informasi mengenai lukisan-lukisannya huft*




Okeh, terakhir ruangannya seperti ini yang terlihat dalam foto tersebut.









Sekian. Terimakasih bagi yang udah membaca, maaf ya pada topik ini masih banyak kekurangan. Sebenarnya sih masih ada lagi beberapa tempat, tapi gue gak foto semuanya dan yang jelas bagi kalian yang menyukai dunia seni. Gue merekomendasikan kalian untuk datang kesini. Oh ya, harga tiket masuk untuk wisatawan asing Rp 50.000 (Free Softdrink and Souvenir), sedangkan untuk Domestik Rp 20.000 (Free Softdrink).



Open Daily
09.00 am - 04.00 pm
Except public holidays
Will be opened on public holiday by appointment only

Museum Affandi
Jalan laksa adisucipto 167
Yogyakarta 55281 - Indonesia
Telp/Fax : +62.274.562593

Email : affandimuseum@yahoo.com
Website : www.affandi.org










0 comments:

Post a Comment