MBTI (Myers Briggs Type Indicator) Edisi Pertama

Haii Fellass!!!

Kali ini gue pengen membahas tentang MBTI. Apa sih MBTI itu? pastinya sebagian dari kalian belum tau apa itu MBTI. Nah, MBTI ini singkatan dari Myers Briggs Type Indicator. Jadi, ini tuh merupakan sebuah alat atau instrument simple yang digunakan untuk mengetahui lebih jauh mengenai kepribadian dan sifat seseorang, termasuk kita.

Awalnya MBTI ini dikembangkan oleh Katharine Cook Briggs sama putrinya yang bernama Isabel Briggs Myers berdasarkan teori kepribadian dari Carl Gustav Jung (Psikiater Swiss dan Perintis Psikologi Analitik). 

Semenjak gue mengetahui ada MBTI ini, gue jadi mengetahui lah karakter2 kepribadian entah buat diri gue sendiri dan kepribadian individu lainnya. Gak hanya itu, ini juga membantu kita banget dalam menyusun skema besar jalur karir profesional. Karna faktanya juga masih banyak banget ye khaan orang yang kesulitan dalam memilih jenis pekerjaan atau bidang industri apa yang cocok untuk diri mereka bahkan mungkin diri kita sendiri. Nah, dengan mengetahui karakter kepribadian diri kita ini bisa menjadi jalan praktis untuk memudahkan kita dalam mencari pekerjaan yang sesuai dengan jati diri kita. Tapi, memang gak 100% semua bisa tergantung dari hasil ini. Menurut gue balik lagi semua ke diri sendiri dan pengalaman dari diri sendiri juga. 

Karna kalo udah terjun langsung ke dunia pekerjaan itu biasanya ya orang kan pengen tau jati diri mereka, mencari pengalaman dari situ juga dapat mempengaruhi tingkat kenyamanan kita didalamnya. 

Misalkan : Gue dengan karakter kepribadian Introvert, kalo disuruh memilih gue akan lebih suka melakukan banyak penelitian atau menganalisa sesuatu. Gue tuh lebih banyak berpikir dan lebih suka ditempat kondisi yang memang sepi, karna kerja disaat sepi kayak gini itu bikin gue lebih fokus. Kalo udah terlalu lama ditempat yang rame, banyak interaksi yang terjadi di dalamnya sometimes lelah aja gitu. Karna memang orang-orang Introvert itu biasanya energi nya akan lebih banyak dalam kondisi tenang, sepi, menyendiri walaupun memang makhluk sosial membutuhkan orang lain dan bukan berarti Introvert itu gak suka bergaul, ansos dan semacamnya itu. 

Nah, sementara orang dengan kecenderungan karakter kepribadiannya Ekstrovert ini biasanya lebih menyukai kegiatan di luar lapangan, pokoknya lebih sering berinteraksi atau bertatap muka dengan banyak orang karna memang disitulah energi mereka. Ekstrovert disuruh berdiam lama di rumah pun yakin banget gue, pasti gak betah hahaha... mereka lebih senengnya ya bersosialisasi. Energi mereka lebih dapet disaat berkumpul dan berinteraksi dengan banyak orang.

Well, jadi menurut gue mengetahui diri sendiri terlebih dahulu itu lebih baik dan lebih penting ketimbang kita mengenal kepribadian orang lain tanpa kita mengenal kepribadian diri kita sendiri dulu. 

Dengan kita mengetahui karakter kepribadian diri masing-masing, dapat membantu kita dalam (Berdasarkan dari buku Paragon Technology and Innovation Way) :

1. ANALYZING ME! 
Ya seperti introspeksi diri, analisa! Kita harus bertanya sama diri kita sendiri : Siapa kamu? Apa yang kamu suka? Apa yang membuat kamu paling nyaman?
2. SINCERELY UNDERSTANDING
 Kita bisa mengerti dan memahami karakter orang lain juga terutama partner kerja kita

3. WELL COMMUNICATE
Dengan kita berkomunikasi sama orang lain itu bisa lebih baik dan lancar tanpa ada kesalahpahaman di dalamnya, karna kan biasanya yang menimbulkan kesalahpahaman ini karna kita kurangnya berkomunikasi. Nah, untuk sebagian orang juga gak mudah nih apalagi Introvert yang kebanyakan pikiran tapi, mengungkapkannya itu kadang gak semudah itu. Tapi, semua pada dasarnya emang perlu dilatih. Bisa karna terbiasa...
4. GREAT TEAMWORK 
Bisa bekerjasama dengan baik 
5. ACCURATE TIME MANAGEMENT
Bisa lebih mengatur time management dengan lebih efektif dan efisien
6. RESPECT YET APPRECIATE OTHERS
Yang pastinya kita jadi bisa lebih belajar menghargai perbedaan pendapat, menerima saran dan kritik. Be tolerate!

Okeh, lanjut...
Jadi, di dalam MBTI Test ini ada yang namanya (Berdasarkan dari buku Paragon Technology and Innovation Way) :

Orientation to world
- Extraverted : Dipacu dengan berinteraksi
- Introverted : Dipacu dengan ide, emosi dan memori

Take in information
- Sensing : Menggunakan panca indera
-Intuition : Menggunakan insting

Make decision
- Thinking : Menggunakan logika, problem-solver
- Feeling : Peka atau sensitif, berbelas kasih

Either take in info or decide
- Perceiving : Menerima segala informasi
- Judging : Mengelola segala informasi kemudian mengambil keputusan

Kesimpulan dari semuanya, banyak karakter2 dari MBTI ini. Aku termasuk kepribadian INFP dulunya tapi, entah kenapa pas aku mencoba test lagi di beberapa tahunnya hasilnya tuh beda lagi dan gak beda jauh juga sih cuma dari INFP ke INFJ. Tapi, memang sih kepribadian kita itu sewaktu-waktu suka berubah walaupun gak beda jauh. Ya mungkin bisa karena suatu kondisi, keadaan dan berdasarkan pengalaman2 dalam hidupnya juga.

INFP itu sifat dasarnya adalah Insightful Enhancers, seseorang yang fokus dalam menggunakan kreativitas untuk menunjang nilai-nilai pekerjaan mereka. Nah, jenis pekerjaan yang cocok dengan karakter ini tuh biasanya berhubungan dengan konseling, penulis dan kesenian. Beberapa pekerjaan yang cocok diantaranya itu adalah seniman, ahli bahasa, penerjemah, editor, ahli agama/spiritual, penulis, materi atau anggota dewan pemerintahan, jurnalis/reporter, pekerja sosial, personalia/sumber daya manusia. Jadi, INFP ini orangnya idealis dan juga kreatif dengan apa yang memang udah dia yakini. Keinginannya kuat gitu apalagi kalo dia ini menemukan sesuatu hal yang dia sukai. Dibalik itu juga sensitif, bisa sangat peduli dan punya empati yang tinggi terhadap perasaan orang lain. Selain itu juga biasanya orangnya teliti walaupun itu hal kecil.

Nah, klo INFJ itu sifat dasarnya adalah Compassionate Visionaries, seseorang yang fokus dalam memberikan atau memfasilitasi orang lain dengan pengembangan intelektual secara emosional maupun spiritual. Jenis pekerjaan yang cocok untuk karakter kepribadian INFJ ini adalah berhubungan dengan keagamaan atau spiritual, konseling, kegiatan pengajaran dan kesenian. Beberapa pekerjaan yang cocoknya lagi adalah psikologis, guru pembimbing, perawat, guru/dosen, arsitek/ahli bangunan, praktisi kesehatan, agen real estate atau perumahan, apoteker, teknisi mesin, polisi/tentara, akuntan atau banker, dokter gigi.
INFJ kemungkinan juga terlihat seperti ekstrovert padahal dia introvert. Karna INFJ ini akan terlihat bener2 semangat, berenergi dan ceria di suatu kondisi dimana dia merasa nyaman dengan lingkungannya. Mau itu lingkungan terdekat atau pun bukan kalo merasa nyaman pasti begitu lah dan gak beda jauh juga sama INFP, INFJ juga termasuk orang-orang yang berempati tinggi dan mudah sekali mengetahui sesuatu bukan yang melebihi Tuhan juga sih... maksud disini adalah kayak misalkan isnting dia suka berkata orang ini gak beres, ya kebanyakan tuh bener gitu padahal bukan peramal, bukan indigo dan bukan berarti juga selalu benar. Cuma keseringannya begitu. Orang-orang INFJ ini juga disebut pemimpi, suka memikirkan hal2 tentang kehidupan pokoknya hal2 yang unik gitu... trs INFJ merasa ada hal2 yang harus dia ubah dalam dunia ini supaya lebih baik dan lebih bermanfaat bagi banyak orang. Mungkin yang terakhir ini semua orang juga pasti pengen lah yaa hihi...

Overall, INFP dan INFJ itu adalah tipe kepribadian yang langka karna sedikiiiit sekali populasinya.

Sampai sini dulu yaaa, postingan tentang kepribadian lainnya akan aku post di selanjutnya...

Thank youuu yang udah menyimak... sebagian besar aku ambil dari Buku Paragon Technology and Innovation Way

0 comments:

Post a Comment